Khilafiyah Tentang Cairan Kuning Dan Bening

 Khilafiyah Tentang Cairan Kuning Dan Bening



Sail: Yangkuku

Assalamu alaikum

Deskripsi Masalah

Ada seorang wanita  pernah mendengar dari seseorang yang mengatakan jika warna kuning keluarnya sudah 2 hari atau bahkan lebih dari 2 hari, ketika terjadi dalam 2 hari berturu-turut warna kuningnya sama, maka harus mandi wajib walaupun belum sampai 15 hari haidnya. Karena masa sucinya dianggap sudah lewat.

Pertanyaan:

1. Apakah benar ada yang berpendapat demikian ?


2. Apakah boleh mengikuti pendapat yang demikian?

Jawaban:

Wa'alaikumusalam warohmatullohi

Waalaikumsalaam

1.Tidak benar, karena  menurut ulama tidak mesti 2 hari atau lebih dari dua hari, akan tetapi asalkan keluar di luar adat haid maka hukum nya ini bukan haid sehingga harus mandi wajib dan ini adalah pendpat muqobil asoh.

Sementara untuk pendapat asoh nya, kuning hukum nya haid selama keluar nya masih di dalam lingkup 15 hari dari darah pertama keluar .

2 .Boleh

Boleh menghukumi kuning ini bukan haid , karena memang ada pendpat ulama nya

Masalah kuning dan keruh ini memang di ikhtilafkan ulama

Referensi

المهذب ج- ١  ص- ٧٩

وقال أبو سعيد الإصطخري : إن رأت الصفرة أو الكدرة في غير وقت العادة لم يكن حيضا ، لما روي عن أم عطية رضي الله عنها قالت : " كنا لا نعتد بالصفرة والكدرة بعد الغسل شيئا " ولأنه ليس فيه أمارة الحيض فلم يكن حيضا ، 

Abu Sa'id Al- Isthohriy berpendapat : apabila wanita melihat cairan kuning maupun keruh di selain waktu adat kebiasaan keluar hiad, maka bukan termasuk haid, hal ini berdasarkan Hadits dari Ummu Athiyyah, dia berkata :" Kami tidak mengkategorikan keluar nya cairan kuning dan keruh setelah mandi besar termasuk haid"  Alasan lainnya adalah karena dalam cairan tersebut tidak adda tanda-tanda haid sehingga cairan tersebut dihukumi bukan haid

والمذهب أنه حيض ; لأنه دم صادف زمان الإمكان ولم يجاوزه ، فأشبه إذا رأت الصفرة أو الكدرة في أيام عادتها . [ ص: 416 ]
 وحديث أم عطية يعارضه ما روي عن عائشة رضي الله عنها أنها قالت : " كنا نعد الصفرة والكدرة حيضا " وقوله : أنه ليس فيه أمارة غير مسلم ، بل وجوده في أيام الحيض أمارة ، ; لأن الظاهر من حالها الصحة والسلامة ، وأن ذلك دم الجبلة دون العلة ) 

Adapun menurut Qoul yang kuat dalam madzhab Syafi'i, cairan tersebut termasuk haid, karena cairan tersebut merupakan darah yang keluar bersesuaian dengan masa mungkin nya terjadi haid, dan belum melewati masa imkan tersebut.
Sehingga hal ini serupa dengan ketika wanita melihat keluarnya cairan kuning ataupun keruh di masa kebiasaan dia haid.

Adapun hadits Ummu Athiyyah tersebut bertentangan dengan hadits dari Aisyah yang menyatakan bahwasanya dia berkata : " Kami mengkategorikan cairan kuning dan keruh tersebut termasuk haid". Adapun ucapan imam Isthohriy yakni  :" Bahwasanya dalam cairan tersebut tidak ada tan-tanda haid" Itu tidak bisa diterima sebaliknya justru keluar nya cairan tersebut dimasa haid merupakan tanda bahwa cairan tersebut termasuk bagian dari haid karena yang jelas kondisi wanita tersebut mengeluarkan nya dalam kondisi sehat dan normal, dan keluar nya darah tersebut memang normal  bukan penyakit.


[النووي ,المجموع شرح المهذب ,2/393]

*واختلف الأصحاب في ذلك على ستة أوجه الصحيح المشهور الذى قاله أبو العباس ابن سريج وابو اسحق المروزي وجماهير أصحابنا المتقدمين والمتأخرين أن الصفرة والكدرة في زمن الإمكان وهو خمسة عشر يكونان حيضا سواء كانت مبتدأة أو معتادة خالف عادتها أو وافقها* كما لو كان أسود أو أحمر وانقطع لخمسة عشر

(والوجه الثاني) قول أبي سعيد الإصطخري وأبي العباس بن القاص أن الصفرة والكدرة في أيام العادة حيض وليست في غير أيام العادة حيضا فإن رأت الصفرة والكدرة مبتدأة أو معتادة في غير أيام العادة فليست بحيض وان رأتها معتادة في ايام العادة فهى حيض

(والوجه الثالث) قول أبي علي الطبري وغيره من أصحابنا أنه إن تقدم الصفرة والكدرة دم قوي أسود أو أحمر ولو بعض يوم كانت حيضا في الخمسة عشر وان لم يتقدمها شئ لم يكن حيضا على انفرادها وحكى صاحب الشامل وغيره هذا عن حكاية ابي علي ابن أبي هريرة عن بعض أصحابنا

(والرابع) حكاه السرخسي في الأمالي والمتولي والبغوي وآخرون من الخراسانيين أنه إن تقدم على الصفرة دم قوي يوما وليلة كان حيضا تبعا للقوي وإن تقدمها دون يوم وليلة فليست حيضا
(والخامس) حكاه ابن كج والسرخسي إن تقدمها دم قوي ولحقها دم قوي كانت حيضا وإلا كانت كالنقاء
(والسادس) حكاه السرخسي إن تقدمها دم قوي يوما وليلة ولحقها دم قوي يوما وليلة كانت حيضا وإلا فلا

وقد نقل الشيخ أبو حامد والقاضي أبو الطيب والمحاملي وإمام الحرمين والبغوي والرافعي وآخرون اتفاق الأصحاب على أن الصفرة والكدرة في أيام العادة تكون حيضا وهذا الذي نقلوه مخالف لما قدمناه من الخلاف في اشتراط تقدم الأسود فإنه جار في أيام العادة وقد صرح به صاحب التتمة وغيره: قال أصحابنا المصنفون ومأخذ الخلاف بين الإصطخري والجمهور اختلافهم في مراد الشافعي بقوله الصفرة والكدرة في أيام الحيض حيض فالإصطخري يقول معناه
في أيام العادة والجمهور يقولون في أيام الإمكان

Kesimpulan nya;

Sofroh dan kudroh dimasa imkan haid ( yaitu 15 hari) menurut qoul Shohih yang masyhur termasuk haid baik dialami oleh mubtadiah maupun mu'tadah yang menyelisihi dari adat kebiasaan nya.

Wa'allahu'alam Bhis Showab

Mujawwib:
✅Ustadzah Ai Maslaili siti Aisyah
✅ Yai Suhaemi Qusyairi

Mu shohheh:
✅ Yai Abdullah Sahal Zuhdi
Peterjemaah;
✅ Kang Ustad Ahmad Robit Subhan
✅ Ummi Dinda (UNA

Perumus Redaksi Dan Deskripsi
✅ Ustad Syaipudin
✅ Ummi Dinda (UNA

Editor

Ummi Dinda (una



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagai Macam Sifat Darah Dan Penentuan Syarat Juga Acuan Hukum Dalam Fiqih

Hukum Puasanya Orang fiqun

Hukum Sholatnya Orang Yang Punya penyakit ambiem